Minggu, 29 Januari 2017

Mata kuliah "Kajian Mandiri"

Judul: Konstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar 
Penulis : Tadkiroatun Musfiroh dan Beniati Listyorini FBS Universitas Negeri Yogyakarta ,volume 15 no 1 april tahun 2016

RINGKASAN : Akhir akhir ini sudah marak gerakan literasi sekolah maka untuk dapat lebih mengenal lebih jauh tentang literasi saya ambil jurnal ini yang intinya adalah penting nya literasi sejak dini   Pertama, kompetensi literasi membaca adalah kemampuan membaca teks berjenis sas- tra dan informatif, berdasarkan empat tingkatan kognitif (grafik normal), dari berbagai tipe teks serta mengikuti konteks lokal (sekitar anak ) dan nasional 
Membaca juga sangat penting dalam “self-realization, helping children learn about themselves and their potential” membaca membuat siswa lebih berpengetahuan, tidak hanya tentang mata pelajaran di sekolah tetapi juga tentang topik-topik yang relevan dengan kehidupan sehari- hari dan masyarakat secara umum. Dalam membaca, siswa akan mendapatkan kata baru, frase, idiom yang akan meningkat- kan kosakata dan kemampuan bahasa mereka. Siswa juga belajar tentan pola 

dan hubungan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berkreasi.
 Kedua, konstruk kompetensi literasi untuk siswa Kelas IV SD terdiri atas komponen kom- petensi literasi siswa kelas IV SD, tingka- tan kognitif yang diminta, jenis teks yang diinginkan, tipe teks yang diinginkan, yang kesemuanya disesuaikan dengan konteks yang diketahui anak. Ketiga, per- masalahan literasi anak Indonesia sangat kompleks. Oleh karena itu, konstruk kom- petensi literasi perlu disesuaikan dengan diksi, panjang teks, tingkatan kognisi, tema teks, ilustrasi.
------------------------------------------------------------------
TUGAS KAJIAN MANDIRI 
Nama Mahasiswa : LILIS KARTIKA
Npm : 158060006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar