Selasa, 29 Desember 2015

Pembantuku "Kuda Lumping"

"Cerita pengalaman pribadi" 


Saat itu aku ada di kota padang. Dimana saat merantau dan melahirkan anak kedua sebagai ibu muda sangat lah repot untuk mengurus 2 anak,akhirnya ibu ku (skrg sudah almarhum) membawakan aku pembantu namanya etty. Gadis muda belia tinggi besar untuk seorang ukuran gadis pendiam tak banyak bicara.. 
    Suatu ketika saat anak ku yg baru berumur 6 bulan (setelah 3 bulan keberadaan si etty di rumah) anak ku mulai bermain dengan roda berjalan....lari kesana kemari tak tentu arah pasti nya rumah mess dinas TNI yang minimalis untuk lebih leluasa lagi anak ku bermain roda tentunya tata meja tamu di simpan di pinggir. Dan saat itu lah terjadi keanehan yang membuat hati ku degdeg an dan terbengong bengong... !! Dengan tidak sengaja si etty itu menyenggol gelas yg ada di meja dan "praaakkk" pecah.....berantakan di bawah...melihat hal tersebut aku sebagai ibu dari anak itu berkicau otomatis .." Etty hati hati kamu teh kenapa...gak liat liat dulu disitu ada gelas kok main senggol aja... Nanti kena anaku gimana hadeuuhh" jawab si etty apa coba ??? " apa bu ...gelas pecah ?  Gampang nih liat nih... Sambil dia praktikan pecahan gelas itu di makan nya bagai makan kerupuk" aku yang berada di samping nya bengong!!! Aku bilang kenapa bisa seperti itu....?? Si etty akhirnya cerita.. Ya dulu saya di kampung suka di suruh jadi "kuda lumping"  makanya begitu ada yang menawarkan jadi pembantu langsung bilang sanggup!! Jadi saya gak berfikir panjang lagi!! Semenjak itu aku tidak banyak bicara dengan pembantu ku, aku hanya bisa berdoa semoga keluarga ku selamat!! Aamiinn'!  
      Tidak lama setelah kejadian itu ada insiden di rumah ku.. Si etty ngamuk kesurupan ...meja kursi tamu semua terguling posisi gak ada yang normal...saat itu suami ku mengaman kan televisi karena kebayang kalo di banting akan meledak!! Aku menyelamatkan anak ku....aku gendong aku panggil semua tetangga minta tolong  harus gimana.. Akhirnya penuh rumah ku sama orang orang dan mendatangkan orang yang bisa mengatasi kesurupan! Akhirnya setelah si etty pingsan tidak mengamuk lagi, Tentangga semua pulang di bubarkan..tinggal beberapa bapak bapak yang berjaga jaga takut nya kambuh lagi!! Ternyata benar...jam 8 malam saat kita lagi ngobrol terdengar teriakan dari kamar si etty kita semua beranjak dari tempat duduk memburu kamar nya si etty itu... Dan tenyata setelah kita datengi ke kamar dia sudah bersila duduk di di bawah!! Kemuadia dengan laga kakek kakek ...tangan nya di lambaikan ke kita kita di suruh duduk dihadapan nya!! Kita semua turuti apa mau nya si etty dengan kata lain etty itu lagi kemasukan roh kakek nya!! Dia bilang begini " si etty mohon di antar pulang karena disini sudah tidak aman keberadaan nya, dia kena sesuatu yang mengusik ketenangan nya!! Akhirnya sepakat besok nya di pulangkan ke daerah cililin bandung gunung batu!! Benar saja pas di antar ke sana sama anak buah suami ku saat itu terdapat satu rumah yg jauh dari sana sini di belakang rumah nya ada 3 kuburan yaitu makam kakek nya dan adik adik nya!!
 Singkat cerita etty sudah pulang, tinggal tukang mie tektek yang biasa kita beli tiap malam dia kehilangan !! Aku biasa kalo beli mie tektek itu 4 mangkok saja (aku, anak ku, suami dan si etty) tapi si tukang mie tektek bilang tumben!! Karena saat itu aku cuman beli 2 mangkok saja!! ' bu ...kenapa kok irit cuman 2 mangkok? Biasa nya 7 mangkok ? " aku kaget " hah? 7 mangkok? Bukan 7 mangkok kali ah , 4 mangkok!! Enggak bu 7 mangkok , yang di paviliun itu yang bawa nya ! Hmm...gak salah lagi itu mah si etty alias pembantu ku yang sudah pulang !! (Karena si etty itu ternyata tidak sendirian selalu di ikuti roh kakek nya dan adik adik nya , dimana saat kemasukan roh kakek nya dia juga bergantian kemasukan roh adik adik nya karena saat itu suara nya seperti anak kecil )Akhirnya si mamang mie tektek  itu cerita kalo di laci uang nya suka ada daun kering!! " pantesan aneh...di kotak uang ku suka ada daun kering , mkn itu kali ya bayar nya keliahatan nya sih uang, tapi mkn juga berubah jd daun kering" hmmm ternyata bukan itu saja di rumah pun beras habis lebih 25kg sebulan...entah lah ...hanya aneh aja!! Masalah nya sepulang nya pembantu ku tidah sebanyak itu menghabiskan beras!! 
   Benar benar pengalaman yang tak terlupakan sepanjang hidup ku di tahun 1997.......... Kota padang - INDONESIA!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar